Lingkungan Eksternal pada Organisasi Bisnis
Deskripsikan 3 unsur atau komponen lingkungan eksternal dan uraikan apa relevansinya terhadap organisasi bisnis!
Jawab:
Pada
era modern seperti saat ini, banyak sekali bermunculan perusahaan yang
bergerak dalam bidang kuliner seperti makanan siap saji. Tak bisa
dipungkiri bahwa gebrakan bisnis ini cukup diminati oleh masyarakat
luas. Dengan menawarkan berbagai kelebihan seperti harga yang sesuai
kantong, bercita rasa lezat, dan sistem delivery order. Bisnis ini
memiliki tempat tersendiri di hati pencintanya. Seperti contoh yakni
Perusahaan Kentucky Fried Chicken (KFC) milik Negara Amerika Serikat.
Dalam
lingkungan eksternal terdapat unsur atau komponen yang melandasi bisnis
tersebut. yang pertama yaitu konsumen. Di era globalisasi saat ini
mayoritas konsumen menginginkan sesuatu yang cepat dan berkualitas.
Seperti halnya pada bidang kuliner. Banyak konsumen yang memilih membeli
makanan dibandingkan dengan membuat makanan. Dan dengan banyak sekali
alasan yang melatarbelakanginya. Ditambah dengan kesibukan padat yang
menjadi alasan bahwa membeli makanan adalah solusi yang tepat. Kehadiran
KFC dirasa cukup membantu para keluarga ditengah kesibukan padatnya
untuk berkumpul dengan keluarganya. Tidak perlu mengeluarkan banyak
tenaga, dan uang para konsumen dapat merasakan makanan siap saji yang
diolah oleh Perusahaan KFC tersebut. Komponen lingkungan eksternal kedua
yaitu pesaing. Dengan banyak nya masyarakat yang memilih makanan siap
saji sebagai pilihan nya dibanding membuat makanan. Maka, timbullah
banyak perusahaan pula yang ingin mengikuti jejak KFC dengan membuat
bisnis di bidang kuliner tersebut. Seperti contoh California Fried
Chicken (CFC), Mc Donald, Pizza Hut, AW, dll. Bahkan bisnis tersebut
juga dilirik oleh pebisnis lokal, seperti contoh Quick Chicken, Rocket
Chicken, dan Prada Fried Chicken. Tetapi pada kenyataan nya pesona
makanan siap saji asal negeri paman sam tetap merajai diantara yang
lainnya. Ini dirasa merugikan pebisnis lokal dalam menjalankan
bisnisnya. Semakin banyak gerai waralaba maka semakin banyak pula
persaingan yang ketat. Komponen lingkungan eksternal yang ketiga yaitu
peran dari pemerintah. Peran pemerintah dengan adanya perusahaan asing
yang masuk ke Indonesia untuk berbisnis haruslah tegas. Mengontrol dan
mengawasi bisnis tersebut serta mengecek apakah mereka sudah bertanggung
jawab dengan kewajiban mereka membayar pajak dengan tepat waktu. Hal
lain yaitu tentang ijin mendirikan bangunan untuk bisnis tersebut juga
harus diakui pemerintah dan lulus uji oleh pemerintah. Perusahaan asing
tersebut juga harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh
pemerintah,
| ||||||||||||||
:strip_icc():format(jpeg)/liputan6-media-production/medias/1092033/original/083640600_1450787101-Ilustrasi_Grafik_Perkembangan__Penjualan__dan_atau_Pencapaian_Perusahaan_dan_Bisnis_Kredit_Freepik.jpg)
Komentar
Posting Komentar